Page Rank ( Pengukuran Web(Analisis
Web))
Page
Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan untuk berfungsi menentukan
situs web mana yang lebih penting/populer. Page Rank juga merupakan salah satu
fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan
Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Sebuah situs
akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang
mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna
dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.
banyak
cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman
web, mulai dari penggunaan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan
masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link
popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan
dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi
dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut
doorway pages.
Dengan
algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link
(link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web. PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity,
tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link.
Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika
halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan
menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank)
tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Kelebihan
dari tools Page Rank adalah :
1.
Memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya
memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link
2.
Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika
halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan
menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank)
tinggi mengacu ke halaman tersebut
Kekurangannya
adalah :
1.
Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik
semua link yang ada pada sebuah halaman web.
2.
Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk
(inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan
dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman
tersebut.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar