Media Dalam Web Content
-
Media
Dalam
produksi media dan penerbitan, konten informasi dan pengalama dapat memberikan
nilai bagi end-user/audience dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan
melalui media apapun seperti internet, televisi, dan CD audio, serta acara live
seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk
mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi yang
dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk target audiens. Produksi media dan teknologi pengiriman berpotensi meningkatkan nilai konten dengan format, penyaringan dan menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang baru dengan konteks yang baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat, pemakaian ulang, dan pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser media melihat fungsi utama mereka kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan lebih sebagai transformer dari konten.
dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk target audiens. Produksi media dan teknologi pengiriman berpotensi meningkatkan nilai konten dengan format, penyaringan dan menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang baru dengan konteks yang baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat, pemakaian ulang, dan pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser media melihat fungsi utama mereka kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan lebih sebagai transformer dari konten.
-
Media Online
Media
Online (Online Media) --disebut juga Digital Media-- adalah media yang tersaji
secara online di internet. Pengertian Media Online dibagi menjadi dua
pengertian:
1. Pengertian Umum Media Online
1. Pengertian Umum Media Online
Pengertian
Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa
diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Dalam
pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi
secara online. Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email,
mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial (social media)
masuk dalam kategori media online.
2.
Pengertian Khusus Media Online
Pengertian
Media Online secara khusus yaitu terkait dengan pengertian media dalam konteks
komunikasi massa. Media --singkatan dari media komunikasi massa-- dalam bidang
keilmuan komunikasi massa mempunyai karakteristik tertentu, seperti publisitas
dan periodisitas.
Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online. Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) mengartikan media online sebagai berikut:
Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online. Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) mengartikan media online sebagai berikut:
-
Media online (online media) adalah media
massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
-
Masih menurut Romli dalam buku tersebut,
media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed
media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media)
–radio, televisi, dan film/video.
-
Media Online merupakan produk
jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme–
didefinisikan wikipedia sebagai
“pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui
internet”.
Secara
teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan
multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah
portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
3.
Karakteristik Media Online
Karakteristik
dan keunggulan media online dibandingkan ”media konvensional”
(cetak/elektronik) antara lain:
1. Kapasitas
luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
2. Pemuatan
dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
3. Jadwal
terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
4. Cepat,
begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
5. Menjangkau
seluruh dunia yang memiliki akses internet.
6. Aktual,
berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
7. Update,
pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
8. Interaktif,
dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room,
polling, dsb.
9. Terdokumentasi,
informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”,
”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar