Navigasi Web (Perilaku Web)
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar,
yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs.
Biasanya
bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang
kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat
untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif.
Alih-alih
model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang
bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa
melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan
topik IT dan Marketing, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga
100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan reviewed by NavinoT. Calon
pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah
dalam kaitan dengan:
1.
Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini
lembaran- lembaran pada situs.
2. Struktur
lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai
interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur
yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya
disiapkan:
1. Tabel
Index (Peta Lokasi)
2. Index
3. Navigasi
4. Fasilitas
Pencarian (Search)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar