Bahaya
Periklanan Online Bagi Masyarakat
Iklan
ada di mana-mana dan di sekitar kita hampir setiap saat dan waktu. Mulai dari
televisi, koran, internet, majalah, baliho, dll. Sebagai akibatnya, perlu
adanya peraturan yang mengatur mengenai iklan agar pesan yang disampaikan tidak
berkesan serampangan dan memberikan efek negatif kepada masyarakat. Dalam
berbagai diskusi dan opini, efek-efek negatif iklan yang dimaksud antara lain:
Iklan
dapat memberikan pesan yang salah kepada masyarakat. Dikatakan bahwa tujuan
utama iklan adalah membujuk para calon pelanggan untuk melakukan pembelian
barang. Kadang kala, banyak orang pada akhirnya membelanjakan uangnya pada
level membuang-buang uang karena mengira mereka membutuhkan suatu produk,
padahal sekedar menginginkan karena tertipu pesan salah yang ditekankan oleh
iklan.
Iklan
dapat menjadi hal berbahaya bagi masyarakat. Iklan membuat seseorang
menginginkan hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Hal ini pada akhirnya
dapat menggiring ke sifat materialistis, egois atau membuat seseorang merasa
inferior atau tidak puas dengan dirinya sendiri saat tidak memiliki atau
menggunakan suatu produk.
Iklan
dapat memberikan efek sangat buruk kepada anak-anak. Anak-anak tidak mengetahui
jika tujuan iklan adalah untuk menjual suatu barang atau jasa. Jadi, anak-anak
melihat iklan dan dapat diyakinkan dengan mudah bahwa apa yang mereka lihat di
iklan adalah apa yang mereka inginkan. Iklan membuat produk-produk yang
ditawarkan terlihat menarik dan merupakan idaman.
Terhadap
tiga opini di atas, saya menyatakan bahwa hal-hal tersebut terjadi saat tidak
ada regulasi dan implementasi regulasi yang konsisten dan tegas. Iklan
yang sejati memenuhi kategori-kategori berikut:
1. Memiliki
segmentasi konsumen yang sangat tajam dari sisi geografi, demografi dan
psikografi
2. Karena
adanya pemilihan segmentasi konsumen yang tajam, maka iklan akan dilakukan
secara langsung kepada konsumen yang memang benar-benar memiliki kebutuhan
terhadap produk yang diiklankan.
Pada
intinya, pembuatan dan penerapan regulasi yang mengatur iklan mulai dari
pembuatan hingga penyampaian di masyarakat memang sangat penting dan sangat
diperlukan. Hal ini diperlukan karena iklan sudah menjadi hal umum dalam
kehidupan kita dan karenanya, para pengiklan juga harus berhati-hati dengan hal
yang mereka iklankan dan memastikan bahwa semua proses produksi hingga
penyampaian iklan benar-benar memenuhi ketentuan dan peraturan yang telah
ditetapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar