Game
1.
Teknlogi
Game
Teknologi
game terdiri dari dua kata, yaitu Teknologi dan Game. Teknologi adalah
keseluruhan fasilitas untuk menyediakan sesuatu yang dibutuhkan
bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum teknologi
dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan
secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
Sedangkan
Game adalah permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna
melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Jadi dapat kita simpulkan
bahwa Teknologi Game berarti proses baik berupa yang dilakukan sistem atau
perangkat keras yang diberlakukan dalam upaya untuk mendukung kinerja dari
game
2.
Bisnis
Game Komputer
Bisnis
dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi
canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam
komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah
tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun
berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita
mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games
berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena
terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung
internet atau yang sering kita dengar dengan istilah Warnet. Warnet kini
identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang
disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil
hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan
tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya,
membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
3.
3D
Engine
3D
engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk
menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya
disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D
grafis. Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java
terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D.
Java3D
merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph
merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D
didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi
grafik 3D.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
-
Menciptakan objek Canvas3D
-
Menciptakan sebuah scene graph
-
Menghubungkan objek Canvas3D ke objek
BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar